1. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah masjid istiqlal yang berada di Jakarta. Fitur yang mudah terlihat adalah kubah besar disertai dengan 4 kubah biru kecil. Serta memiliki satu tower setinggi 99 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang ditopang oleh 4 kubah kecil berbentuk limas dan 1 menara. Kubah mas ini memiliki keunikan yaitu adalah kubah yang hampir menyerupai telur.

2. Masjid Agung Tuban

Sebelum menjadi Masjid Agung Tuban, masjid ini sebelumnya bernama Masjid Jami ‘Tuban. Sejarah pembangunan masjid ini tidak ada sangkut pautnya dengan Sunan Bonang, pembangunan masjid ini sendiri dilakukan pada tahun 1894, sekitar empat abad semenjak era Sunan Bonang. Namun keberadaan masjid ini menjadi saksi sejarah sukses dakwah Sunan Bonang di Tuban.

Dilihat dari bentuknya, Masjid Jami Tuban memiliki tampilan yang khas. Secara garis besar bentuk bangunan terdiri dari dua bagian yaitu serambi dan musala utama. Bentuknya tidak dipengaruhi oleh masjid tradisional beratap tiga di Jawa. Arsitektur masjid ini sebenarnya dipengaruhi oleh gaya Timur Tengah, India, dan Eropa. Sekilas terlihat ada kemiripan dengan Masjid Agung Baiturrahman di Banda Aceh, terutama bentuk beranda yang masih dipertahankan hingga saat ini. Renovasi berikutnya dilakukan pada tahun 1985.

3. Masjid Cheng Ho

Pendirian masjid ini tak luput dari prakarsa sesepuh, Pembina, pengurus PITI dan juga yayasan Haji Muhammad heng Ho Indonesia seta tokoh masyeakat thionghoa yang berada di Surabaya.Masjid ini didominasi warna merah, hijau dan kuning. Ornamennya memiliki nuansa Tiongkok kuno yang kental. Pada pintu masuk terdapat relief naga dan patung lilin singan bertuliskan Allah dalam huruf arab pada bagian atas pagoda.

Baca Juga  Pesona Keasrian Danau Ranu Agung Probolinggo

Di sisi kiri bangunan terdapat bedug sebagai pelengkap bangunan masjid. Selain Surabaya, Palembang juga memiliki masjid yang mirip dengan nama Masjid Cheng Ho Palembang atau Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya di Palembang dan di Banyuwangi dengan nama Masjid Muhammad Cheng Hoo Banyuwangi.

Selain masjid-masjid diatas masih banyak lagi masjid-masjid yang megah nan mewah, tetapi tidak kalah banyak juga masjid pedesaan yang membutuhkan renovasi serta pertolongan untuk kelayakan dalam menjadi rumah ibadah bagi umat muslim didaerah-daerah terpencil. Maka dari itu pertolongan kita untuk mereka sangat dibutuhkan demi kelangsungan masjid untuk beribadah dengan layak.